Saturday, March 28, 2015

[STORY]: Alhamdulillah, finally Sarjana Administrasi Bisnis (S.AB)

Apasih yang diharapkan oleh seorang mahasiswa tingkat akhir? Yak. Sidang ujian akhir, tentunya!

Setelah menempuh kuliah penuh di tiga tahun pertama, and then dua semester selanjutnya diisi dengan acara konsultasi skripsi, menunggu sms dosen, gelayutan di depan ruang dosen pembimbing, dibelain telat makan, gak mau pindah dari depan ruang dosen. Ya, habisnya ditinggal merem dikit dosennya udah gak tau kemana perginya haha..



Kalo misalkan nih, ada mata kuliah ‘kesabaran menunggu dosen’ saya yakin banyak mahasiswa yang gak lulus dan harus ngulang tiap semester :)) *saking banyaknya yang give-up dan memilih buat ke kantin jajan burger*. Tapi, alhamdulillah saya kebagian dosen yang masyaAllah enaknyaaa udah mirip Ibu sendiri.
Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dari semua angkatan dan jurusan pasti gak ada yang gak kenal sosok Bu Srikandi. Jadi tuh, mahasiswa bimbingan Bu Srikandi ini punya forum sendiri di bbm, terus kalo yang lain nungguin dosen pembimbing di depan ruangan, kalo mahasiswa bimbingan Bu Srikandi ini nungguinnya di dalem ruangan Bu Srikandi :)) dewa gak tuh. Oke, di sini aku tidak akan menceritakan bagaimana sosok dosen pembimbingku, nanti disangka ini tempat ghibah --,

Setelah menjalani beberapa ritual step by step sebagai mahasiswa tingkat akhir, dan (hampir) dinyatakan lulus. Kemarin, 23 Maret 2015 saya melaksanakan sidang ujian skripsi. Satu mahasiswa dikepung empat dosen. Empat dosen. EMPAT DOSEN. Gimana rasanya? Gugup, jelaslah. Deg-deg-an, pasti. Gak bisa tidur di dua hari menjelas ujian, gaessssss. Oiya, malemnya aku diculik temen-temenku buat diajakin jalan-jalan ke Probolinggo dan Sidoarjo pulang jam 2 pagi padahal jam 8 pagi aku masuk ruang sidang! Haha..




Pagi. Pukul 05.00 sudah mandi keramas dan banyak berdoa (lagi menstruasi kagak bisa sholat booook) sambil baca-baca powerpoint dan draft skrispi. Jam 07.00 siap berangkat, eh tapi take a photo dulu dooong. Sekali seumur hidup ini ujian S1 nyaaa.

Jam 08.00 upacara pembukaan majelis sidang. Semua peserta sidang dikumpulkan dan berdoa bareng-bareng. Terus masing-masing peserta yang dapat jadwal jam 08.00 dipersilahkan masuk ruang majelis. Saya kebagian di majelis IV dan dosen sudah siap aja dong di dalem. Ada Bu Srikandi dan Pak Mawardi, Pak Edy dan Pak Yusri nyusul katanya. EH TIBA-TIBA PAK YUSRI GAK BISA DATANG DAN DIGANTI BU ANDRIANI AJA DOOOOOONG.

Buat anak Pemasaran nih, Bu Andri itu dosen yang super disiplin dan teliti. Dari semua dosen penguji yang nanya Cuma dikit, revisianku dari Bu Andri udah macam daftar isi aja –“
Rata-rata sih salah penulisan. MANA SAYA SALAH NULIS NAMA DOSEN PEMBIMBING, dari Dr. Srikandi jadi Dr. Skrikandi. Dan ini dibahas sampai akhir sidang. OKE.



BUT, FINALLY, I GOT MY TITTLE SARJANA ADMINISTRASI BISNIS :) Semoga ilmunya berguna, gelar sarjanannya bermanfaat, dan terus menjadi pribadi yang rendah hati.
Di depan ruang sidang, temen-temen udah pada nunggui sambil bawa balon N.Y.I.N.Y.A S.A.B ahaha I love you to the moon and back, gaessssss.

But, wait. Kuliah di Universitas Brawijaya Malang tidak semudah yang dibayangkan. Buat lulus aja gak cukup sidang ujian skripsi aja. Saya masih ada tanggung jawab Yudisium (ini pengesahan kelulusan dengan dibagikannya Surat Keterangan Lulus) yang syaratnya harus pake tanda tanga ke-empat dosen penguji. WISUDA? Haha. Masih ada syarat bikin jurnal yang dipublikasi dengan wajib scan plagiasi DI BAWAH 5 %. Butuh 2-4 kali bolak-balik ruang scanner, gaessss :). Belum lagi tanda tangan dosen penguji di skripsi yang sudah dijilid 4 kali. Saya mau dinikahi aja kalo gini mah :))








Terima kasih Allah, sudah mengirimkan mereka-mereka sebagai perpanjangan tangan-Mu, bahwa Engkau selalu menyayangi hamba-Mu.
Alhamdulillah, terima kasih Allah.

2 comments:

  1. aku gak ikut fotoooooooooooooooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamunya gak dateeeeeeeng sih, dateng-dateng juga udah telat :'(

      Delete