Friday, October 16, 2015

[STORY]: Biar Gak Nyesel Setelah Umur 25 Tahun. Cobain Ini!

Umur 25 tahun konon katanya adalah umur yang sakral. Ada beberapa yang harus segera diselesaikan sebelum menginjak umur segitu. Beberapa orang juga udah mulai ngambil beberapa keputusan penting, for example, kerja, ngawinin anak orang, atau bagi beberapa cewe pengen punya anak sebelum umur 25 tahun.


Yak, ini berdasarkan beberapa obrolanku dengan orang-orang yang asyik yang pernah aku temui. Sebelum kamu semua menginjak ke umur yang 'dewasa', sebaiknya coba deh hal-hal berikut ini. Biar kamu gak nyesel ngelewatin waktu ke waktu hanya karena kamu males atau gak punya waktu. Karena, percayalah, setelah umur 25 tahun waktumu lebih gak banyak lagi.



1. Coba Passion-mu.

Alhamdulillah, aku lagi kerja di dunia yang 'aku banget'. Yap, I'm a content writer. Gajinya gak seberapa. Tapi aku nyaman dan seneng banget ngejalaninnya. Satu dari wishlist udah kecoret, jadi content writer.
But, ada beberapa orang memang gak sepedapat dengan aku. Ada yang memilih mengisi bagian top level di perusahaan corporate. Lantas, apa mereka salah? Enggak. Sekali lagi, kalo itu jobdesc emang passion-nya dia ya he/she was doing right. Tapi, gimana kalo itu bukan passion dia? Gak salah juga kok. Asal tiap hari gak ngeluh mulu di media sosial. Ppppffftttt.
Tapi, percaya deh, jadi apapun sekarang kamu, minimal coba lakuin passion kamu sekali aja. Setidaknya pas nanti kamu udah tua, gak ada perasaan nyesel karena setidaknya kamu udah mencoba apa passion kamu.

2. Travelling. Alone.




Please, tinggalin alasan 'gak punya waktu, gak punya duit, takut sendirian'. It was so last year. Kamu punya waktu, asalkan ada sesuatu yang dikorbankan. Kamu punya duit, asal ada yang disisihkan, dan kamu berani asal bisa jaga diri.
Umur 21 tahun aku nekat dari Malang ke Jogja. Kelihatannya mudah kan ya? Tapi, aku ke Jogja sendirian, naik kereta, dan bawa sepeda di bagasi, cuman punya duit 300ribu. Dan bisa survive seminggu di sana. Yap, meskipun harus bolos kuliah 3 hari. Tapi, ini bukan berarti aku ajarin kamu bolos. Gak. C'mon. You can do it well, bahkan better than me. Sebelum jeratan umur kian menekik hidup lho.

3. Atur Keuangan.

It's not about investment, or being rich above 25 years old. Ini tentang kebiasaan kamu 'ngabisin' duit. Pernah denger prinsip developer China Li Kha Sing?
Jadi, beliau ngajarin kalo sebaiknya ketika kamu udah dapet gaji, spend your salary well. Caranya, pisahkan jadi 5 bagian.
a. buat makan
b. buat belajar (les, kursus, atau program lain)
c. buat tabungan (aku sih prefer beli emas. soalnya kalo pas butuh dan dijual gak bakal kelihatan orang. orang gak bakal tau berapa jumlah investasi kamu dan pas dijual juga gak ketahuan kalo kamu lagi gak punya duit. Kecuali kalo lo gampang pamer!)
d. buat travelling
e. buat membantu orang lain.
Gak semua bisa kayak gini. Tapi kalo kamu bisa, kamu keren banget. Aku aja lagi dan masih berusaha buat bisa ngewujudin ini. Sebelum kata 'suami dan anak' jadi tanggung jawab di kehidupan.

4. Nge-beer.



Guys, I'm not an addict dalam hal minum alkohol atau ngerokok. Aku juga gak ngajarin kamu buat nyoba. Terlepas dari ajaran agama atau larangan Tuhan kamu masing-masing, nge-beer itu enak. Seger. Dan pas banget dinikmatin kalo sore sama temen-temen atau mungkin kamu punya cara sendiri buat nikmatin. Yang jelas, try it sebelum waktumu gak ada karena harus gantiin popok bayi ;))

5. Nikah Muda.




Anjaaaaaay, mungkin kamu bakal ketawa pas baca poin ini. But, kenyataannya seperti itu. Menurutku nikah itu bukan soal kamu bisa having sex kapanpun karena udah halal, atau bisa dianterin kemana aja karena udah serumah. Nikah di usia belum genap 25 tahun itu tentang bilang 'STOP' ke diri sendiri karena udah ngerasa cukup dan dicukupi. Tentang bilang 'CUKUP' saat tawaran "mau dikenalin ama temen gue gak? ganteng loh" dari temen. Tentang berbagi saat kamu lagi seneng-senengnya, bahkan berbagi saat lagi bener-bener terpuruk. Sampe akhirnya bilang ke diri sendiri 'Oh, jadi ini yang namanya jodoh'.

So, buat kamu yang belum nginjak 25 tahun do whatever you want, sebelum umur dan kepentingan lain menjerat keinginan kamu. Dan buat yang udah 25 tahun lebih, jalanin dan nikmati aja dulu. Lemesin deeeeeeeh biar gak kaku kayak kerah batik =))

See you on next post~
Kiss kiss :*

2 comments:

  1. Hey kak, terima kasih buat blognya. Saya benar benar terinspirasi{}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..
      terima kasih sudah menyempatkan mampir dan membaca :)
      Semoga membantu :)

      Delete