Wednesday, August 24, 2016

5 Ciri Orang Kreatif, Apa Kamu Termasuk?

Setiap orang pasti dianugrahi kemampuan dan kreatifitas  masing-masing. Hanya saja, tidak semua menggunakannya dengan maksimal. Pernah gak sih terbesit pikiran "Si A kok bisa sih dapat ide seperti itu? Kok kepikiran yaaa.." atau "Eh, idenya si B banyak banget yaaa.." saat kamu bertemu orang yang kamu anggap kreatif?


Hidup di jaman digital membuat kamu dituntut berfikir cepat dan berbeda dari orang lain. Apalagi sekarang ada istilah generasi Y, Z, dan generasi Alpha yang punya segudang ide gila. Menurut pakar psikologi, ternyata orang kreatif punya kebiasaan yang menandakan bagaimana dia menanggapi sesuatu serta persepsi mereka terhadap suatu fenomena. Berikut ini adalah 5 ciri orang kreatif:


1. Ada Saja Kegiatan yang Dilakukan
Hey kamu orang kreatif yang tidak pernah kehabisan pekerjaan, bahkan kamu sering melakukan pekerjaan aneh yang bikin heran orang sekitar. Karena ide-ide di otak kamu banyak sekali yang harus segera direalisasikan. Orang kreatif juga sangat bersahabat dengan yang namanya kegagalan. Tidak jarang kamu-kamu itu melakukan kesalahan yang membuat ide yang kamu keluarkan tidak diterima dan harus memikirkan jalan lain.
Ibarat kata, kalau ide A gagal, masih ada B, C sampai Z, kalau bisa sih revisi dari A1, A2, A3, sampai Z3. Banyak banget deh! Hayo, jujur, siapa yang gampang bosan kalau di rumah tidak ada pekerjaan? Apalagi kalau blogger atau vlogger nih, kalau udah ketemu weekend yang ada malah sibuk bikin postingan blog ataupun konten video buat vlogging. Hayooo ngakuuuu~
   
2. Sering Dapat Ide di Tempat yang Tak Terduga
Sempat bertemu dengan orang-orang hebat di balik sebuah ide kreatif seperti content creator dari Instagram dan Youtube, ternyata sebagian besar mereka bercerita kalau selalu menemukan ide saat mandi/showering. Kalau kamu gimana nih, hey orang kreatif?
Jujur saja, aku bahkan sering dapat ide itu kalau lagi merenung dan duduk sendiri di dalam bis/kereta. Sambil menerawang jauh ke luar jendela, menikmati angin sepoi-sepoi (kalau bisnya gak pakai AC), terus tiba-tiba muncul aja tuh ide-ide yang tidak pernah muncul sebelumnya. Eh, jangan sedih, ada juga yang pas lagi berdiam diri di pangkuan Mas Toto (kalau kata teman saya) (baca: WC) kamu akan menemukan ide yang banyak, ditambah suara gemericik air kran kamar mandi sambil nunggu hasrat untuk mengeden. Siapa nih yang sering ngalami kayak gini?

3. Tidak Pernah Berhenti Belajar
Bagi orang kreatif, belajar gak harus di dalam ruangan dan dibimbing oleh orang yang lebih tua (baca: guru). Belajar bisa kapan saja dan di mana saja, bahkan kapan saja. Kalau perlu waktu buat belajar 24/7 itu kurang sepertinya. Rasa ingin tahu yang besar dan perasaan yang tidak gampang buat terpuaskan yang juga besar membuat mereka terus mengeksplor pengetahuan.

4. Punya Target Harian
Tidak peru berlama-lama memikirkan kapan pekerjaanmu akan selesai atau kapan waktunya liburan, ciri-ciri orang kreatif adalah selalu memikirkan produktivitas hariannya. Bukan, ini bukan tentang jadwal yang rapi, karena kamu bahkan cenderung lebih suka sesuatu yang spontan. Ini adalah tentang apa yang sudah kamu lakukan dalam sehari dan goals apa saja yang sudah kamu capai. Tentunya kamu gak ingin hari ini terlewat begitu saja kan?

5. Manajemen Waktu yang Baik
Kamu bukannya pemalas, hanya saja kamu sibuk sampai gak sempat. Di jaman yang serba digital menuntut kamu untuk bergerak lebih cepat. Jam 8 pagi meeting dengan si A di Blok M, jam 10 pagi sudah di Slipi aja buat ketemu sama client, jam 1 siang ada janji makan siang sama pacar. Kalau bisa badan dibelah jadi 3 deh tuh!
Di balik itu semua, aku memang sangat salut dengan orang yang punya manajemen waktu yang baik. Sibuk tapi tidak terlihat sok sibuk. Hektik tapi tidak banyak ngomong, just do it! Di tengah-tengah kesibukan, sekarang kamu bisa beli pulsa online di Tokopedia. Jadi, lebih mudah dan praktis.

Jadi, apakah kamu termasuk? Percayalah, semua orang punya kemampuan dan kelebihan masing-masing. Just do your best!

3 comments:

  1. Wahhh nomer 4 sama 5 aku skip :)) cuma etika ingin dan mau serta niat *apalah ini*

    ReplyDelete
  2. Wahhh nomer 4 sama 5 aku skip :)) cuma etika ingin dan mau serta niat *apalah ini* (20

    ReplyDelete
  3. biasanya kalau aku di bis trus kena angin sepoi, yang ada aku ke alam mimpi alias ( bobo ) beb, wkwkw

    ReplyDelete