Tuesday, October 18, 2016

Tips Membangun Bisnis Kosmetik 'DISSY' Ala Andhika dan Ussy

Semua bisnis pasti ada yang namanya jatuh dan bangun.
Beberapa waktu lalu aku berkesempatan hadir dalam acara Blogger Gathering With Dissy. Ya, Dissy adalah salah satu brand kosmetik lokal yang dibangun oleh pasangan artis Ussy Suistyowati dan Andhika Pratama. Bisnis kosmetik mereka pertama kali dimulai pada tahun 2014.

Dissy Blogger Gathering


Acara yang digelar di Star Avenue Lippo Mall Kemang, Ussy dan Andika berbagi banyak banget tips dan cerita tentang bisnis kosmetik yang sedang mereka tekuni. Mulai dari awal dimulainya nama Dissy dan bagaimana bersaing dengan produk yang lebih premium. Bahkan Ussy dan Andhika memutuskan untuk terjun sendiri memilih bahan baku dan strategi pemasaran.

Andika bercerita bagaimana bisnis Dissy dimulai
Tau ga sih, kalau ternyata ide menjalankan bisnis kosmetik Dissy ini bermula dari Andhika? Wah! menarik kan hehe ayo para laki-laki jangan mau kalah. Terpilihlah nama Dissy yang berarti singkatan dari Andhika dan Ussy, oh so sweet.. Tapi, bisnis ini tidaklah semanis yang dibayangkan.

Keinginan mereka berdua untuk ambil andil dalam bisnis ini sangat kuat, sehingga boleh dibilang pasangan ini sangatlak kompak. Kalau dilihat dari cara menyampaikan cerita dan tips-nya, Andhika adalah otak pemasaran dan Ussy adalah perempuan yang tau kosmetik. Ya, pasangan yang tepat! Ini nih tips sukses membangun bisnis kosmetik Dissy ala Andhika dan Ussy Sulistyowati:

1. Menjadi Otak dari Bisnis Tersebut
Desain dan Logo Dissy Cosmetics
Andhika dan Ussy mengaku sangat merasa memiliki dengan Dissy. Jadi, mereka berdualah yang memikirkan sendiri logo, pemilihan warna, pemilihan packaging, sampai varian dari produk yang akan dikeluarkan. Dari sinilah akan tercipta rasa memiliki dari bisnisnya sendiri.

2. Masuk ke dalam Pasar
Ussy menjelaskan bahwa mengeluarkan kosmetik yang resmi sesuai BPOM di Indonesia itu memakan waktu yang agak lama. Dia bisa berkata demikian karena dia sendiri yang mendaftarkan produk-produknya di BPOM. Selain itu dibantu oleh Andhika, Ussy melakukan seleksi dalam penentuan packaging. Yang lebih menarik adalah, Ussy memakai sendiri produknya loh. Hal ini untuk memantau apakah produk tersebut nyaman teksturnya, menimbulkan alergi, dan sesuai klaimnya. Pokonya keren banget sih, mereka berdua gak cuma menjual nama mereka sebagai artis saja.

3. Strategi Pemasaran yang Jelas
Jujur saja waktu itu aju melongo pas Andhika menjelaskan strategi marketing yang dia pakai untuk memasarkan produk Dissy. Tapi, dari semuanya dia menjelaskan bahwa Dissy tidak hanya mendompleng dari ketenaran Ussy dan Andhika. Dissy didistribusikan ke toko-toko di pasar tradisional karena sesuai dengan target market. Untuk pembukaan store resmi di mall, Ussy mengaku tidak banyak. Ussy lebih suka membangun hubungan dengan reseller Dissy. Jadi, per-kota Dissy punya reseller dan setiap beberapa bulan sekali Ussy mengajak para reseller untuk bertemu dan membicarakan tentang perkembangan bisnisnya.

4. Jangan Berhenti Berinovasi


Produk Lipstik dari Dissy Cosmetics
Dari tahun 2014 sudah banyak banget produk dan varian yang dikeluarkan oleh Dissy. Produk pertama mereka adalah body lotion dengan tiga varian yaitu, Mangga, Kiwi, dan Strawberry. Lalu, di tahun 2015 Dissy memproduksi liquid matte lipstick dengan 100% produknya made in Indonesia. Dan yang terakhir, Dissy akan berencana mengeluarkan BB Cream dan Mascara. Ikuti perkembangan pasar, dan jangan berhenti untuk berinovasi!

5. Dekat dengan Konsumen
Selain mengajak meetup reseller, Ussy mengaku suka ikut suaminya yang sedang tour ke luar kota agar bisa bertemu dengan konsumen Dissy di kota tersebut. Ussy juga tidak keberatan masuk kedalam toko di pasar tradisional atau di bazar Car Free Day agar bisa menyapa konsumen dan juga resellernya. Dari sinilah tercipta kedekatan dengan konsumen dan akan timbul loyalitas.


Membangun bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan keikhlasan, maka semua masalah pasti ada jalannya. Begitu juga dengan bisnis kosmetik Dissy yang beberapa kali ditolak oleh pasar karena masalah packaging.

Kalau kamu penasaran dengan produk Dissy, kamu bisa kepoin di instagram @AndhiiikaPratama dan @UssyPratama atau @ownerdissydhikaussy buat info lengkap tetang jenis produk dan bisa didapat di mana aja. Penasaran sama liquid lipsticknya nih!

1 comment: