Wednesday, March 8, 2017

#NyinyaPregnantStory: Skincare Selama Kehamilan

"Apakah kandungan dari produk A aman buat ibu hamil?"

skincare-untuk-ibu-hamil

Sebelum membaca lebih lanjut, saya jelaskan bahwa di sini saya hanya sharing tentang produk perawatan wajah dan kulit yang saya pakai selama kehamilan. Saya bukanlah dokter kulit dan tentu saja apa yang saya pakai belum tentu cocok untuk orang lain. Sekali lagi, saya hanya sharing dan semoga membantu kalian untuk lebih mengetahui tentang produk-produk skincare.

Trimester awal kehamilan, saya disibukkan dengan memilih produk-produk yang aman untuk janin. Walaupun dokter kandungan sudah memberikan penjelasan bahwa sebenarnya hanya sedikit persentase dari produk yang dipakai akan masuk ke dalam kulit dan menembus plasenta, tetapi tetap saja saya masih insecure.

Inti dari skincare yang saya pegang adalah membersihkan, menghidrasi, dan melindungi dari sinar matahari. Untuk ibu hamil, sebaiknya menghindari produk-produk skincare untuk whitening, anti aging, dan acne treatment. Produk-produk yang saya pakai gak sepenuhnya 100% natural kok. Asal ibu hamil cermat membaca kandungan yang ada di setiap kemasan produk, insya Allah semua aman dan baik-baik saja.

skincare-selama-kehamilan

Berikut adalah produk-produk skincare yang saya pakai selama hamil dan sekaligus step-stepnya:

CLEANSING

1. First Cleansing: The Body Shop Camomile Cleansing Balm

The Body Shop Camomile Cleansing Balm

Cleansing balm biasanya saya pakai kalau habis pakai makeup yang lumayan waterproof seperti maskara dan eyeliner. Soalnya usap-usap bentar, semua makeup tuh langsung lumer gitu. Wangi bunga camomile enak dan sangat menenangkan, juga gak panas jadi cocok buat area sensitif seperti mata sama bibir.
The Body Shop Camomile Cleansing Balm ini saya beli sudah hampir setahun. Awet banget!
Kekurangannya adalah karena bentuknya balm, jadi saya harus colek-colek produknya, jadi agak kurang higienis mungkin yaaa. Tapi buat saya gak masalah kok.
Saya skip step ini saat pagi hari.
Produk bisa dibeli di counter resmi The Body Shop.

2. Second Cleansing: Bioderma Sensibio H2O

Bioderma Sensibio H2O

Setelah makeup sudah lumer dan wajah belepotan di mana-mana, selanjutnya saya bersihkan lagi dengan Bioderma Sensibio H2O. Dengan bantuan kapas, produk cukup dituangkan beberapa tetes lalu usap usap sampai bersih. Biasanya saya menghabiskan 3 kapas untuk full makeup dan cukup 1 kapan bolak-balik kalau cuma pakai bedak dan lipstick.
Saya skip step ini saat pagi hari.
Produk bisa dibeli di Guardian, Watsons, atau Century.

3. Third Cleansing: Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Sensatia Botanicals adalah produk perawatan yang berbahan natural berasal dari Bali. Sesuai jenisnya yaitu Unscented Soapless, jadi ya wajar kalau sabun cuci muka ini gak ada baunya dan busanya dikit hihi..
Saat pagi hari bangun tidur, saya memang langsung dengan step cuci muka pakai Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser. Saya suka banget sama sabun cuci muka ini karena gak bikin kulit kering dan ketarik.

HYDRATING

4. Hydrating Toner: The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

Kesalahan umum saat memakai skincare adalah gak langsung menghidrasi kulit wajah setelah cuci muka. Tujuan dari hidrasi setelah cuci muka adalah mengembalikan ph kulit yang biasanya berkurang setelah cuci muka.
Saya pakai The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner dari sebelum hamil, jadi ini sudah botol kedua. Wanginya gak menyengat dan sangat menenangkan. Cukup tuang produknya di kapas (jangan terlalu banyak) atau kalau tangan dalam kondisi bersih bisa langsung dituang di tangan, lalu ditepuk-tepuk ke kulit wajah.
Produk bisa di beli di counter resmi The Body Shop di mall-mall.


5. Serum: The Bath Box Face Serum Rapeseed

The Bath Box Face Serum Rapeseed

Sebenernya serum adalah produk optional sih. Saya pakai The Bath Box Face Serum karena bahan yang dipakai adalah natural dan aman buat ibu hamil.
Lebih berfungsi melembabkan (padahal saya pengen lebih cerah, cuma kan bumil gak boleh pakai produk whitening) jadinya saya pilih yang Rapeseed. Baunya sedikit mirip bau kunyit deh, jadi pas awal-awal agak aneh tapi lama kelamaan ya sudah biasa.
Produk bisa dibeli di website: http://thebathbox.co.id/

6. Moisturizer: Always21 Aloe Vera Sooting Gel 99%

Always21 Aloe Vera Sooting Gel 99%

Always21 adalah brand asal Korea yang mengklaim bahwa mereka menggunakan bahan natural. Dan tentu saja di kemasannya sudah tertulis jelas kalau Aloe Vera Sooting Gel ini tidak mengandung paraben, mineral oil, dan pewarna.
Saya suka pakai sooting gel sebagai moisturizer karena lebih cepat meresap ke dalam kulit. Selain itu juga adal sensasi dingin saat produknya meresap. Jadi tidak perlu menunggu lama untuk mengaplikasikan produk selanjutnya.
Produk bisa dibeli di website: https://www.hermo.co.id/


SUNSCREEN

7. Sunscreen: Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA ++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA ++++

Sunscreen is a must! Walaupun saya lagi di dalam rumah, tetap memakai sunscreen. Biore UV Aqua Rich ini adalah sunscreen favoritku. SPF-nya boleh terbilang tinggi, tapi pas diaplikasikan ke kulit wajah cepet banget meresapnya. Jadi gak bikin wajah terlihat keabu-abuan (greasy). Wanginya seperti jeruk gitu, daaaaaan pas produknya meresap kulit saya gak berminyak seperti kebanyakan sunscreen ber-SPF tinggi. Suka banget!
Produk ini bisa dibeli di Century atau online shop.


BODY CARE

8. Lipbalm: EOS Lipbalm

EOS Lipbalm

Selain kulit wajah, saya juga pakai skincare untuk tubuh. Namanya juga skincare ya, jadinya seluruh tubuh juga masuk hehe..
Karena ibu hamil itu sering mengalami kering di area kulit tertentu, jadi saya rajin aplikasikan lipbalm dan selalu bawa lipbalm kemana-mana. EOS ini bentuknya lucu (teteup), gak terlalu berat di bibir, dan saya sangat suka rasa strawberry sorbet yang kalau gak sengaja kejilat itu manis hihi..
Bisa dibeli di online shop, seperti: PreorderbyMimo, Makeupuccino, dan onlineshop lain.


9. Body Oil: Bio Oil

Bio Oil

Saya mulai pakai Bio Oil di area perut dan payudara itu saat masuk trimester kedua. Review lengkap tentang Bio Oil sahabat ibu hamil bisa dibaca di postingan saya Pertama Kali Coba Bio Oil.
Ini sudah botol kedua lho!
Bisa dibeli di Guardian/ Watsons/ Century.


10. Body Butter: The Bath Box Honey Vanilla Body Butter

The Bath Box Honey Vanilla Body Butter

Hamil dan kulit kering adalah suatu kesatuan yang gak bisa dipisahkan. Makanya kemana-mana saya selalu bawa body butter. Beberapa waktu lalu saya sempet dapat hadiah body butter dari The Bath Box, jadinya bermanfaat banget buat kehamilan saya. Wanginya lembut, formulanya gak lengket, dan tentu saja aman dong buat ibu hamil.
Belinya di sini: http://thebathbox.co.id/ 

11. Face Spray: Avene Eau Thermal Spring Water

Face spray saya pakai saat udara panas dan saat kulit wajah kering. Hihi, maafin fotonya lupa dan menyusul yaaa..
Review tentang Avene Eau Thermal Spring Water Vs Evian Facial Spray sudah pernah saya tulis dan bandingkan dengan face spray sejenis. 
Produk ini bisa dibeli di Guardian, Watsons, atau Century.


Hwaaaa.. banyak juga yaaa? Enggak kok sebenernya. Biasanya saya menghabiskan waktu sekitar 20 menit itupun bisa sambil pakai baju, keringin rambut, dan jemur handuk suami yang selalu dia lupakan sehabis mandi -____-
Semoga sharing ini bisa membantu, dan kalau ada yang mau ditanyakan atau ditambahkan silahkan tinggalkan komen yaaa..


15 comments:

  1. Top markotop ni postingan :love :love
    Aku sempet bolong2 make bio oil, ternyata peak peaknya muncul strecht mark tu di bulan terakhir nyaaaa T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, makasih Ellaaaaa..
      aku belum muncul juga di perut, tapi di area lain sudah banyak, makanya lebih getol buat ngolesin :D

      Delete
  2. aku pakai Biodermanya. Praktis banget ya untuk bersihin muka. Berarti aku ga salah pakai, karena dapetnya juga karena hadiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaa, dapet hadiah Bioderma tuh kayak dapet harta karun mbak hehe..

      Delete
  3. Waah aku waktu hamil ga selengkap ini, malah cenderung jarang ngebersiin wkwkwk. Alhamdulillah saved my pregnancy glow hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa enaknyaaaaaa, sayangnya gak semua perempuan punya dapet pregnancy glow huhu..
      Itung-itung investasi mba hihi :D

      Delete
  4. Hemmm... sempat konsul dengan dokter kandungan maupun specialis dokter kulit and kelamin.. selama product tersebut tidak ada kandungan untuk memutihkan atau kandungan mencerahkan, insyalloh product tersebut aman buat debay dalam perut dan ibunya..

    SENSATIA itu ya alloh... akoooooh pingin bgt.. *nyomoy boleh??* wkwkwkwkwk
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan bener mba dine, tapi ya namanya bumil baru, pasti parnoan hihi..

      hahaha, kemarin ini beli pas diskon di sephora online. lagi booming yak si Sensatia ini? :D

      Delete
  5. Sensatia kerenn. Aku suka banget mbak hehehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, aku masih penasaran sama serumnya Sensatia sih. Kamu pake yang mana aja mba?

      Delete
  6. skincarenya keren-keren banget, mba. HIhiii . Aku sih pas hamil nggak ada pantangan khusus makai make up, mba. Masih pakai skincare yang lama. TApi penasarannih pengen mencoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, makasih mba..
      Sama, dokterku juga gak banyak ngasih pantangan sih cuma obat jerawat sama krim-krim pemutih yang gak jelas itu lho mba yang emang harus dihati-hati hehe..

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Penasaran dgn serumnya mbak, btw semoga dilancarkan ya persalinannya nanti...aamiin.

    ReplyDelete