Tuesday, August 15, 2017

Rekomendasi Tempat Prenatal Yoga di Jakarta

Yoga selama hamil bikin ibu sama janin makin kompak, lho. Udah pernah cobain prenatal yoga belum?



Masuk usia kehamilan 20 minnguan, saya sudah mulai cari-cari tempat prenatal yoga di Jakarta.Sesuai namanya pre-natal yoga, jadi ya yoga yang dilakukan sebelum persalinan. Buat ibu hamil pasti udah bayangn betapa susah atau istilahnya udah engep duluan yoga sambil gembol-gembol janin di perut.
Eits, prenatal itu banyak banget manfaatnya. Salah satunya mengurangi rasa sakit di pinggang dan tulang belakang. Terus juga bakalan diajarin teknik pernafasan yang sangat-sangat membantu dalam proses persalinan nanti.
Nah, buat kamu yang tinggal di Jakarta, saya punya beberapa rekomendasi tempat prenatal yoga yang sudah pernah saya coba.

1. Union Yoga, Dharmawangsa
Jadwal prenatal yoga di Union adalah seminggu dua kali. Waktu itu saya mengambil kelas Rabu siang sekitar jam 11.00 WIB. Tempatnya kecil, sedikit redup, dan terkesan privat. Di tengah-tengah studio ada taman kecil dan pohon besar yang bikin suasana lebih adem. Saya suka sekali konsep studio di Union. Bahkan tersedia loker dan kamar mandi yang lengkap dengan hair dryer.

Hanya saja saya kurang diajarkan teknik pernafasan di sini. Saya juga kurang bisa mengikuti gerakan yang diajarkan instruktur, maklum lah baru pertama kali juga hehe..
Biaya prenatal yoga untuk satu kali visit di Union adalah Rp. 150.000 dan tersedia paket per-5 kali kedatangan.

2. Pro V Klinik, Permata Hijau
Jauh-jauh saya ke Permata Hijau sebenernya karena mengejar instrukturnya yaitu doula Mila. Di dunia per-doula-an dan per-prenatal yoga-an, bidan Mila ini sangat terkenal. Makanya, saya pengen sekali aja diajar yoga sama beliau dan berkesempatan di Pro V Klinik.
Selama yoga berlangsung, saya diajarin teknik pernafasan untuk membantu lancarnya proses persalinan. Waktu itu saya mengeluhkan sakit punggung karena kehamilan yang semakin besar, nah diajarin juga caranya berjalan buat ibu hamil biar gak sakit punggung.

Lokasinya gampang banget, di belakang apartemen Belleza. Studionya berbentuk rumah dan ada kolam renang di belakangnya. Biaya prenatal yoga di Pro V Klinik adalah Rp. 150.000 untuk satu kali kedatangan.

3. Bamed Clinic, Meruya

A post shared by Nyinya Risna (@nyonyanyinya) on

Waktu itu saya cobain prenatal yoga gratis yang diadakan Bamed Women and Skin Clinic karena masih baru pertama kali launching. Jauh-jauh saya dari Pondok Cabe ke Meruya, hari Minggu jam 8 pagi hehe..
Di sini bidan Mila juga salah satu instruktur yoga-nya, tapi waktu itu saya diajar oleh bidan Ika. Hampir sama seperti di Pro V Klinik, di Bamed saya diajarkan teknik pernafasan dan relaksasi sampai saya ketiduran dan dibangunin oleh bidan Ika hehe..

Saya berkesempatan cobain 3 tempat buat prenatal yoga, pengen cobain tempat lain tapi dedek bayi udah keburu pengen ketemu Ibu dan Ayahnya, hehe..
Apakah kamu punya rekomendasi tempat prenatal yoga di Jakarta? Itung-itung buat referensi ibu hamil lainnya dan bisa juga buat kehamilan kedua saya, nanti, insya Allah.

No comments:

Post a Comment