Thursday, October 11, 2018

Memakai Sepatu Heels saat Hamil, Amankah?


Momen kehamilan seringkali membuat perempuan jadi super parno karena kebanyakan pantangan yang berkaitan dengan janin yang sedang dikandung. Termasuk saya, pada kehamilan pertama saya sering banget denger beberapa pantangan yang gak boleh dilakukan oleh orang yang sedang hamil, salah satunya adalah memakai sepatu heels.

Lha kan saya pengen tetep fashionable saat hamil dengan memakai high heels, masa gak boleh sih?

Sumber: Unsplash

Memakai sepatu heels saat hamil dipercaya bisa membuat sang Ibu jadi lebih mudah capek dan susah menjaga keseimbangan sehingga dikhawatirkan akan jatuh terjungkal ke depan. Karena beberapa kali saya punya undangan ke nikahan teman yang membuat saya mau tidak mau harus memakai sepatu heels, akhirnya saya konsultasi ke dokter dan browsing di website ternama. Dan ternyata hasilnya, ibu hamil aman-aman aja kok pakai sepatu heels asalkan diperhatikan tinggi heels dan bentuk heels sehingga Ibu tetap merasa nyaman selama memakainya.

Tinggi dan bentuk heels adalah dua hal yang harus diperhatikan saat ibu hamil memakai sepatu jenis ini. Biasanya heels dengan bentuk yang runcing dan tinggi di atas 5 cm kurang direkomendasikan karena akan membuat sang ibu lebih mudah capek. Untuk itu, buat kamu yang ingin tetap memakai heels dengan nyaman dan aman selama hamil, ada dua hal yang harus diperhatikan:


  • Pilih sepatu heels dengan tinggi maksimal 3 cm

Karena beban tubuh ditopang oleh tumit bagian depan, memilih heels dengan tinggi maksimal 3 cm akan lebih nyaman digunakan apalagi saat usia kehamilan mulai masuk trimester tiga. Dengan tinggi tersebut akan membuat ibu hamil tetap nyaman berkegiatan karena tumit bagian depan tidak mengangkat beban tubuh secara penuh.

  • Pilih bentuk dengan bentuk ujung yang lebar atau bulat

Saat masuk usia kehamilan yang lebih banyak biasanya sering terjadi pembengkakan pada beberapa area tubuh salah satunya jari kaki. Dengan bentuk sepatu yang tidak runcing di bagian depan akan membuat kaki bebas gerak dan bernafas lega.

Kenyamanan seseorang menggunakan sepatu heels sebenarnya kembali kepada preferensi dan selera masing-masing. Terlebih saat hamil, kenyamanan saat berpakaian dan berdandan adalah hal yang utama sehingga ketika saya sedang hamil dan diwajibkan memakai sepatu heel, saya akan pilih sepatu dengan tinggi tidak lebih dari 3 cm dan pastinya bentuk heels yang dipilih adalah tidak terlalu runcing sehingga saya tidak mudah lelah saat memakainya.

Kini ada banyak sekali toko online yang menawarkan sepatu heels dengan berbagai pilihan model dan harga yang bisa saya sesuaikan dengan budget. Dengan belanja sepatu heels di toko online saya bisa memilih-milih terlebih dahulu model sepatu mana yang cocok untuk dipakai saat hamil. Biasanya ukuran sepatu yang saya pilih sesuai dengan ukuran sepatu yang biasa saya pakai, untuk lebih amannya saya beli ukuran sepatu heels satu sentimeter lebih besar dari ukuran sepatu biasanya. Hal ini karena saat hamil ada beberapa perubahan bentuk dan ukuran pada tubuh sehingga akan lebih nyaman saat memakai sepatu yang tidak terlalu sempit.

Buat yang sedang hamil dan ingin tetap memakai sepatu heels dalam beberapa acara sebaiknya tetap konsultasikan dulu ya dengan dokter kandungan karena kondisi kehamilan setiap orang pasti berbeda-beda. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan kenyamana saat memakainya.


2 comments:


© Nyonyanyinya | Designed by . All rights reserved.