Friday, July 5, 2019

Belajar Pijat Bayi Sendiri Melalui Program Sentuhan Cinta

Selama dua kali menjalani proses melahirkan di Rumah Sakit, setiap mau pulang ke rumah saya selalu dibekali materi memandikan bayi dan pijat bayi oleh suster. Satu hal yang saya inget banget dari pijat bayi adalah sebaiknya pijat bayi dilakukan oleh orang tua bayi untuk menambah ikatan atau bounding antara anak dan orang tua. 



Berawal dari sentuhan yang sederhana tersebut, ternyata pijat bayi memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada 1000 hari pertama kehidupan bayi adalah waktu yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya sampai bayi beranjak dewasa. Bukan hanya nutrisi yang cukup, bayi juga membutuhkan sentuhan sebagai stimulasi yang mempengaruhi tumbuh kembangnya. Stimulasi tersebut bisa didapatkan melalui ritual pijat bayi dan dilanjutkan dengan memandikannya.


Untuk memperdalam dan menambah pengetahuan saya tentang pijat bayi, saya rutin sekali mengikuti event yang berkaitan dengan treatment bayi baru lahir. Salah satu di antaranya adalah acara Johnson's Sentuhan Cinta yang diadakan tanggal 26 Juni 2019 di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan. Saya dan puluhan ibu dengan bayi di bawah satu tahun juga ibu-ibu yang sedang hamil bersama-sama belajar pijat bayi dari Certified Infant Massage Instructor, yaitu Ibu Emillya Eventha.

Dan memang benar, Ibu Emillya menyebutkan bahwa pijat bayi sebaiknya dilakukan oleh orang tua bayi itu sendiri. Setiap sentuhan yang orang tua berikan kepada anak lewat pijat bayi akan berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan bayi.


MANFAAT PIJAT BAYI

Serius deh, kalau setiap orang tua tahu dan sadar betapa luar biasanya manfaat pijat bayi ini, saya yakin semua orang tua ingin melakukannya. 

Secara spesifik, manfaat pijat bayi dibagi menjadi dua, yaitu manfaat secara fisik dan secara emosional.

Manfaat fisik:

1. Membantu melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan makanan sehingga berpengaruh pada berat badan bayi;
2. Meningkatkan imunitas bayi sehingga tidak mudah sakit;
3. Membatu melancarkan peredaran darah;
4. Melancarkan sistem pernafasan bayi;
5. Meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak sehingga mendukung perkembangan otak.

Manfaat emosional:

1. Menambah bounding atau ikatan cinta antara orang tua dan anak melalui setiap sentuhan yang diberikan;
2. Membuat bayi lebih mudah bersosialisasi karena bayi terbiasa melakukan kontak mata dan tersenyum saat dipijat.
3. Membantu bayi melakukan relaksasi sehingga bayi tidak mudah stress akibat kondisi tubuh yang kurang nyaman seperti kembung atau kolik.

Ajaib banget kan manfaat pijat bayi ini!
Karenanya saya tidak ingin melewatkan periode emas anak-anak saya begitu saja. Setiap sebelum memandikan anak-anak, saya lakukan pijat bayi sekitar 2-3 menit menggunakan Johnson's baby oil

LANGKAH-LANGKAH PIJAT BAYI SENDIRI

Sebelum melakukan pijat bayi, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua, yaitu:
- meminta izin kepada bayi sebelum mulai menyentuh kulitnya;
- membuat suasana ruangan yang nyaman seperti meredupkan cahaya lampu, mematikan AC jika dirasa terlalu dingin, dan tidak menggunakan wewangian yang terlalu tajam.
- jika pijat bayi dilakukan sebelum mandi, sebaiknya menggunakan produk Johnson's baby oil. Namun jika pijat bayi dilakukan setelah mandi, orang tua bisa menggunakan produk Johnson's baby lotion. 

Teknik pijat bayi dibagi menjadi enam rangkaian stimulasi pijat.

1. Pijatan Wajah

- Cares Love: gerakannya seperti membuka buku, yaitu mengusap garis tengah wajah ke samping.
- Relax: pijat daerah di atas alis, mulai dari tengah ke samping dengan kedua ibu jari.
- Circle Down: mulai dari kedua sudut mata bagian dalam lalu turun melewati pangkal hidung sampai tulang pipi dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari atau jari telunjuk.

- Smile: pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari tengah ke samping, kemudian ke arah pipi seperti membuat senyuman bayi. Dilanjutkan dengan pijat di atas dagu dari tengah ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.
- Cute: buat gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawh telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.

2. Pijatan Dada

- Butterfly: Letakkan kedua telapak tangan di dada bayi lalu gerakkan telapak tangan ke atas sampai di bawah leher, lalu ke samping, ke bawah dan kembali ke tengah tanpa mengangkat tangan.
- Cross: Letakkan kedua telapak tangan di sudut tulang rusuk terbawah lalu pijat menyilang dari pinggang ke arah bahudan sebaliknya begantian dari kanan ke kiri.

3. Pijatan Perut

- Mengayuh: Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati lalu gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bawah pusar. Ulangi dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.
- Bulan-Matahari: Untuk gerakan bulan, mulai pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawah ke atas menuju perut kiri bawah searah jarum jam. Untuk gerakan matahari, lakukan pijatan dengan tangan kiri, berputar mulai dari perut sebelah kanan bawah ke atas mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh. Lakukan gerakan ini secara kontinyu dan tidak terputus.
- I Love You: Untuk gerakan I, pijat dengan tiga ujung jari, dari perut kiri atas lurus ke bawah seperti huruf I. Untuk gerakan Love, pijat dengan tiga ujung jari dari kanan atas perut bayi kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik. Untuk gerakan You, pijat dengan tiga ujung jari dari perut kanan bwah ke atas, kemudian ke perut kiri atas menuju ke bawah membentuk huruf U terbalik.
- Walking Fingers: Tekan seluruh bagian dinding pert dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari sebelah kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung udara.
- Relax: Angkat dan tekuk kedua kaki bayi hingga bagian paha menyentuj perut, lalu tekan perlahan ke arah perut.

4. Pijatan Tangan

- Milking: Lakukan dengan kedua tangan memegang lengan bayi bagian atas dan bawah dekat pergelangan tangan. Lalu buat gerakan seperti memerah susu secara perlahan.
- Rolling: Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung mulai dari pangkal lengan sampai pergelangan tangan.
- Squeezing: Lakukan gerakan memutar dan meremas dengan lembut dari pangkal lengan pergelangan tangan dengan kedua tangan.
- Thumb After Thumb: Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari dengan kedua ibu jari. Lalu pijat punggung tangan mulai dari pergelangan sampai jari-jari dengan kedua ibu jari.
- Spiral: Pijat seluruh permukaan telapak tangan dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu lanjutkan pada area punggung tangan.
- Finger Shake: Goyang dan tarik lembut setiap jari tangan bayi.

5. Pijatan Kaki

- Milking: Mirip dengan gerakan milking pada pijatan tangan, buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah secara bergantian dan berulang-ulang.
- Squezzing: Lakukan gerakan memutar dan meremas dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki.
- Thumb after thumb: Pijat bagian telapak kaki dan punggung kaki menggunakan ibu jari.
- Spiral: Pijat bagian telapak kaki dan punggung kaki dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.
- Finger Shake: Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi.
- Relax: Pegang kedua pergelangan kaki bayi lalu silangkan ke atas sehingga kedua mata kaki bertemu. Selanjutnya tekuk kedua kaki bayi perlahan ke arah perut.

6. Pijatan Punggung

- Go Back-Forward: Tengkurapkan bayi melintang di depan dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan si pemijat. Lalu buat gerakan maju mundur dengan telapak tangan di sepanjang punggung dari leher sampai perut.
- Slip: Gerakkan telapak tangan lurus dari leher hingga bokong, lalu bergantian dengan tangan kanan dan kiri.
- Mengayuh: Letakkan tangan kanan di tulang belakang, lalu buat gerakan ke bawah arah pantat dengan tekanan lembut.
- Spiral: Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung hingga bokong menggunakan tiga jari. Lakukan bergantian pada kaki kanan dan kiri sebanyak enam kali dan setiap gerakan lakukan dalam waktu 8 hitungan.
- Menggaruk: Akhiri gerakan dengan beberapa kali belaian memanjang dari leher sampai bokong menggunakan ujung-ujung jari sebanyak enam kali.

Nah itu tadi serangkaian proses pijat bayi yang bisa dilakukan sendiri di rumah setiap kali mau memandikan si kecil. Kelihatannya panjang banget yak? Padahal mah kalau dilakukan jadinya singkat banget kok.

KAMPANYE SENTUHAN CINTA



Mengingat manfaat pijat bayi yang luar biasa, Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.

Program ini mendorong dan mengingatkan para Ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya memijat bayi sendiri melalui sentuhan cinta untuk kesehatan dan perkembangan bayi selama periode emas. Dalam menjalankan kampanye ini, Johnson's bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Saat ini Johnson's juga terus melakukan roadshow ke 15 kota di Indonesia untuk memberikan edukasi pelatihan piat bayi bersama 22 tim edukasi profesional. Keren banget kan!

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk-produk Johnson's maupun tentang kampanye Sentuhan Cinta ini, kamu bisa langsung mengunjungi https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta?utm_source=Urban-Mama&utm_medium=Article&utm_campaign=Sentuhan-Cinta_ dan melalui akun instagram resmi Johnson's @JohnsonsBaby_id dan facebook JohnsonsBabyIndonesia.

Terima kasih Johnsons Baby Indonesia dan juga The Urban Mama atas undangan dan ilmu yang diberikan. Semoga bertemu lagi di kesempatan yang lain sehingga saya bisa terus berbagai di blog ini.


Note: Pijat bayi ini hanya boleh dilakukan pada bayi yang sehat. Bayi yang memiliki catatan kesehatan khusus seperti keseleo sebaiknya langsung menghubungi tenaga kesehatan profesional.



1 comment:


© Nyonyanyinya | Designed by . All rights reserved.